Nusantara Speedcubing Association (NSA)

Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur HungariaErnő RubikKubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei 1980. Rubik tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik, termasuk imitasinya.
Di berbagai belahan dunia, demam rubik telah melahirkan banyak komunitas pecinta rubik. Organisasi induk dunia yang menaungi aktivitas speedcubing adalah WCA yang merupakan singkatan dari World Cube Association (www.worldcubeassociation.org), WCA memiliki kewewangan untuk mengadakan kompetisi rubik di seluruh dunia. Visinya adalah "more competitions in more countries with more people and more fun, under fair conditions" - mengadakan lebih banyak kompetisi di lebih banyak negara, dengan lebih banyak orang dan lebih banyak kesenangan, di bawah prinsip kejujuran.
Logo World Cube Association (WCA)

Komunitas induk speedcubing di Indonesia bernama NSA, singkatan dari Nusantara Speedcubing Association dan memiliki pengurus regional di berbagai kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Demam rubik serta kemajuan speedcubing di Indonesia dewasa ini tidak dapat dilepaskan dari peran empat orang anggota NSA, yaitu Maria Oey (CrazyCubeMom), Didik Danardono (Dd Crow), Abel Brata (Speedpuzzler), dan Arief Yulian Nur (Virkill).
Logo Nusantara Speedcubing Association (NSA)

Perkembangan di Indonesia

Kubus Rubik mulai terkenal setelah penyelenggaraan Indonesia Open 2009, dimana acara ini diliput oleh SCTV. Tidak lama setelah itu, kubus rubik mulai populer dan sudah dijual di toko-toko buku besar, seperti Gramedia. Kompetisi Rubik di Indonesia yang kedua ialah Jakarta Open 2010, dimana Muhammad Iril Khairul Anam memecahkan rekor dunia menyelesaikan kubus rubik dengan mata tertutup. Hingga saat ini, berbagai kompetisi telah diselenggarakan, seperti Indonesian Championship 2010, Bali Cube Day 2010, dan lain - lain.
Di Indonesia sendiri speedcubing belum terlalu populer. Meskipun begitu, ada komunitas rubik di Indonesia seperti NSA (Nusantara Speedcubing Association) dengan ketua saat ini Arief Widodo. NSA juga memiliki beberapa cabang di Indonesia, seperti JRCC (Jakarta Rubiks Cube Club)PRJ (Paguyuban Rubik Jogjakarta), dan lain - lain.
Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik (Rekor Indonesia) menurut MURI berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo, sedangkan menurut WCA (World Cube Association, organisasi rubik tingkat dunia), Rekor Indonesia dipegang oleh Stephen Adhisaputra pada tanggal 14 Januari 2012 dalam even Rubikku Champ dengan catatan waktu 6.84 detik.

Source : http://id.rubikku.wikia.com/wiki/Sejarah_Komunitas, https://id.wikipedia.org/wiki/Kubus_Rubik

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...:)

Recent Comments

 
Wellcome to My Blog
Copyright © 2014. Recent Activity - All Rights Reserved
Template Created by Ginianjar Published by Recent Activity
Proudly powered by Blogger