Home » » Tembakau dari Nanggerang, Sukasari, Sumedang

Tembakau dari Nanggerang, Sukasari, Sumedang


Sukasari merupakan sentral penghasil tembakau di kabupaten sumedang, hampir sebagian besar masyarakat sukasari bertani tembakau. Biasanya petani tembakau di Sukasari membeli daun tembakau dari daerah Darmawangi. Dalam 1 kodi atau dalam bahasa sunda di sebut 1 beungkeut terdapat 20 lempeng tembakau. Biasanya tembakau yang sudah kering/masak di jual ke daerah Cianjur dan Bandung dengan cara di ambil oleh bandar dengan harga Rp. 100.000/kodi.  Harga jual tembakau ini termasuk murah apabila dibandingkan dengan beberapa tahun ke belakang yaitu Rp. 250.000 – 300.000, ini diakibatkan karena  besarnya cukai dari pemerintah.

















Turunnya harga sembakau super per-20 sasag yang dihargai bandar dikisaran Rp 100 ribu, membuat sejumlah petani tembakau mengeluh. Pasalnya biaya sarana produksi pertanian tembakau jauh lebih besar, imbasnya dipastikan mereka akan merugi.
Lain dari itu, untuk kebutuhan produksi selama proses penanaman hingga panen, tak sedikit petani yang ngijon ke bandar. “Jika harga tetap seperti ini, kami merasa kerepotan apalagi memikirkan uang untuk membayar cicilan pinjaman bekas modal,” terang Dadan, seorang petani warga setempat.
Menurut keterangan Dadan, salahsatu yang menjadi alasan petani karena naiknya nilai harga pita cukai. Sejumlah petani di Sukasari pun berharap agar pemerintah segera menurunkan bantuan untuk membantu mereka.
“Jangan hanya ke petani yang masuk gapoktan (gabungan kelompok tani) saja, tapi tolong pemerintah juga memberikan bantuan ke petani non gapoktan,” terangnya.
Sebelumnya tersiar kabar jika Asosiasi Petani Tembakau akan mendapatkan kucuran bagi hasil tembakau, namun informasi tersebut sejauh ini para petani tak mengetahuinya.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...:)

Recent Comments

 
Wellcome to My Blog
Copyright © 2014. Recent Activity - All Rights Reserved
Template Created by Ginianjar Published by Recent Activity
Proudly powered by Blogger